hujan mawar

Jumat, 17 April 2015

MANFAAT TANAMAN KROKOT


A. DESKRIPSI TANAMAN KROKOT
Krokot adalah tanaman liar yg bisa tumbuh dimana-mana, tidak hanya di persawahan yg subur tapi juga di daerah yg tanahnya tandus. Bahkan krokot bisa hidup di sela-sela trotoar di pinggir jalan, Krokot tumbuh liar ditempat-tempat terbuka yang terkena sinar matahari. Tanaman ini diperkirakan berasal dari daratan Amerika tropis di Brazil yang dapat tumbuh dari dataran rendah sampai ketinggian 1.800 m dpl. Tanaman yang punya nama ilmiah Portulaca oleraceae L. ini merupakan tanaman herba setahun yang termasuk dalam famili Portulacacaeae.
Tumbuhan krokot tumbuh subur di Indonesia biasanya tumbuh sebagai gulma, untuk ukuran daun dan ukuran dari batang krokot tergantung dari tempat mereka tumbuh, jika mereka tumbuh dilahan yang subur akan memiliki ketebalan daun, batang yang berbeda dengan mereka yang tumbuh di lahan tandus. baik batang, daun, kuncup bunga kuning dapat dikonsumsi. Biji Krokot seperti bubuk teh hitam, yang sering digunakan untuk membuat beberapa minuman herbal.

B.   KANDUNGAN KIMIA TANAMAN KROKOT
Daun krokot kaya akan omega tiga (ω 3). Dalam 100 gram daun krokot segar mengandung 225 – 300 mg asam linolenat (ω 3, 18:3, ∆9,12,15). Senyawa ini dapat menurunkan kholesterol darah, karena untuk membuang kholesterol diperlukan diantaranya omega tiga ini. Omega tiga juga dapat mencegah fatty liver (dalam hepar tertimbun lemak trigliserida), karena omega tiga diperlukan untuk membuat kulit (shell) dari VLDL, suatu lipoprotein yang mengangkut triasilgliserol dari hepar keseluruh tubuh.
·        Dalam satu cangkir (one cup) daun krokot yang sudah direbus, mengandung 90 mg kalsium, 560 mg kalium, 2000 IU vit. A, dan beberapa asam amino yang berguna untuk kesehatan, Namun dalam satu cangkir daun krokot rebus tadi mengandung 910 mg asam oksalat, yang bisa menyebabkan kencing batu bagi mereka yang mempunyai resiko tinggi (ada diantara familinya kena kencing batu). Tanaman ini memiliki kandungan kimia antara lain : KCl, KSO4, KNO3, nicotinic acid, tanin, saponin, vitamin A, B, C, l-noradrenalin, noradrenalin, dopamin,dopa.
·        Krokot juga merupakan sumber beberapa vitamin B kompleks seperti riboflavin, niacin, pyridoxine dan karotenoid, serta mineral diet, : seperti besi, magnesium, kalsium, kalium, dan mangan.
Krokot mengandung 2 jenis pigmen betalain alkaloid dan beta – xanthins. Kedua jenis pigmen yang ampuh sebagai antioksidan dengan khasiat anti-mutagenik.

C. CIRI-CIRI TUMBUHAN KROKOT
·        BATANG
Ciri Batang krokot berbentuk bulat yang tumbuh tegak atau sebagian/seluruhnya terletak di atas tanah tanpa mengeluarkan akar. Batangnya berwana cokelat keunguan dengan panjang 10-50 cm, Batang lembut memiliki rasa sedikit asam, dan asin. Tangkainya pendek berbentuk bulat telur sungsang, bagian ujungnya bulat melekuk ke dalam. Pangkal batangnya membaji dengan tepi rata, panjangnya 1-4 cm dan lebar 5-14 mm.
·        DAUN
Ciri Daun krokot berwarna hijau dengan warna batang kemerahan, Warna permukaan atas daun hijau tua, permukaan bawahnya merah tua.
Daunnya tunggal, tebal berdaging, datar dan letaknya berhadapan atau tersebar.
·        BUNGA
Ciri Bunganya berkelompok 2-6 buah yang keluar dari ujung percabangan. Mahkota daunnya berjumlah lima buah, berwarna kuning dan kecil-kecil.bunga ini akan mekar pada pagi hari antara pukul 8.00-11.00 siang dan layu menjelang sore.
·        BUAH dan BIJI
Buahnya berbentuk kotak, bijinya banyak dengan warna hitam cokelat mengkilap. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan biji.

D.  KHASIAT DAN MANFAAT KROKOT
Seluruh bagian dari tanaman ini dapat digunakan sebagai obat, dari akar,batang, daun dan bunga. Krokot dapat dipakai sebagai obat alternatif baik dalam keadaan segar maupun dikeringkan terlebih dulu. Krokot yang digunakan dengan cara dikeringkan biasanya dilakukan dengan mencuci bersih krokot terlebih dahulu lalu menjemurnya kemudian digiling hingga menjadi bubuk. Tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit, antara lain :· Disenteri, diare akut· Radang akut usus buntu (appendicitis acuta)· Radang payudara ( mastitis)· Wasir berdarah (Hemorrhoidal bleeding)· Badan sakit dan pegal (Rheumatism)· Keputihan · Gangguan sistim saluran kencing· Sakit kuning (Hepatitis)· Cacingan dan sesak napas (biji dan buahnya)

RAMUAN OBAT MENGGUNAKAN TUMBUHAN KROKOT
·          Penyakit masalah percernaan seperti Maag Disentri
Herba krokot yang masih segar sebanyak 50 gram diuapkan selama 3-5 menit, lalu ditumbuk halus dan diperas hingga terkumpul air perasannya kurang lebih 150 cc. Minum sebanyak 50 cc, sehari tiga kali hingga sembuh.
·          Krokot untuk Bisul
Untuk bisul minum teh krokot setiap hari sebanyak sepertiga cangkir teh, hingga bisul dirasakan mengempis dan kering atau hilang sama sekali.
·          Krokot untuk mengobati Kencing darah
Krokot yang sudah dalam bentuk herba sebanyak 100 gram digodok bersama herba daun sendok sebanyak 25 gram. Saring airnya dari ampas herba, hangatkan dan minum. Lakukan hingga kencing darah berhenti.
·          Krokot untuk mengatasi Jantung berdebar
4 batang krokot dicuci lalu digiling, tambah setengah cangkir air putih matang, dan satusendok makan madu. Kemudian diperas dan disaring airnya lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari hingga gejala jantung berdebar berkurang atau berhenti sama sekali.
·          Gugup dan gelisah
Herba krokot segar sebanyak 25 gram dikukus sebentar lalu digiling halus dan diperas. Minum air perasannya setelah tidak panas. Lakukan hingga gejala gugup dan gelisah mereda.
·          Krokot untuk mengobati Demam
2 batang krokot dicuci dan direbus, tetapi tidak perlu sampai matang, makan selagi hangat. Lakukan hingga demam menurun.
·          Krokot untuk Sakit kuning(juga untuk radang gusi)
Herba krokot sebanyak 200 gram digodok, dinginkan airnya lalu minum. Lakukan hingga sakit mereda.
·          Borok, radang kulit
Herba krokot segar segenggam dicuci bersih, ditumbuk halus, tambahkan sedikit garam. Oleskan pada bagian yang sakit.
·          Radang akut usus buntu
Ambil herba segara krokot segenggam, dicuci bersih lalu ditumbuk dan diperas sampai terkumpul lebih kurang 30 mililiter (ml). Tambahkan gula putih secukupnya dan air matang yang sudah dingin sampai menjadi 100 ml, minum, lakukan tiga kali sehari.
·        Krokot untuk mengatasi Keputihan :
200 gram krokot dijuice dan diambil airnya kemudian masukkan putih telur lalu di tim. Makan selagi hangat.

E.     CARA MEMBUATNYA
  • ·         Jantung Berdebar 
Bahannya :
- 4 rumpun herba Krokot (akar, batang dan daun)
- ½ cangkir air matang
- 1 sendok makan Madu

Cara membuatnya :
Setelah bahan dicuci bersih, tumbuk hingga halus dan tambahkan air. Setelah itu, saring, tambahkan Madu dan aduk sampai rata lalu minum. Lakukan 2 kali sehari sampai gejala itu hilang.


  • ·        Kencing Darah 
Bahannya :
- 100 gr herba Krokot (akar, batang dan daun)
- 25 gr daun Sendok
- ½ cangkir air

Cara membuatnya :
Setelah bahan dicuci bersih, rebus sampai mendidih. Selagi hangat, saring dan minum. Lakukan 2 kali dalam sehari sampai sembuh.


  • ·        Radang Usus Buntu Akut 
Bahannya :
- 1 genggam herba Krokot
- Gula putih secukupnya
- 50 ml air

Cara membuatnya :
Setelah dicuci, tumbuk, saring dan peras. Tambahkan gula putih dan air, aduk sampai rata dan minum. Lakukan 3 kali sehari sampai sembuh. Atau ..

Bahannya :
- 60 gr herba Krokot
- 60 gr herba Jombang
- 3 gelas air

Cara membuatnya :
Setelah bahan dicuci bersih, rebus hingga air tersisa 1 gelas. Setelah dingin bagi 3 dan minum pada pagi, siang dan malam hari. Lakukan sampai sembuh.


  • ·        Sakit Kuning 
Bahannya :
- 200 gr herba Krokot
- ½ gelas air

Cara membuatnya :
Setelah bahan dicuci bersih, rebus hingga mendidih. Dinginkan, saring dan minum. Lakukan 2 kali sehari sampai sembuh.


F . KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN KROKOT
Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).
Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi Krokot
Kingdom (Dunia/Kerajaan):
Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom:
Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi:
Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian):
Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas):
Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas :
Hamamelidae
Ordo (Bangsa):
Caryophyllales
Familia (Suku):
Portulacaceae
Genus (Marga):
Portulaca
Species (Jenis):
Portulaca oleracea L.
NAMA-NAMA LAIN TUMBUHAN KROKOT
Nama Latin Krokot : Portulaca Leavis Wall
Indonesia: Gelang, krokot (Jawa)
Inggris: common purslane, little hogweed
Melayu: gelang pasir
Thailand: phak bia-yai
Pilipina: Gulasiman
Cina: ma chi xian, kwa-tsz-tsai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar